Sabtu, 10 April 2010

Tugas TIK

SISTEM JARINGAN INTRANET DAN INTERNET
Saat ini jaringan komputer bukan merupakan hal yang baru.Hampir di setiap perusahaan dan laboratorium komputer disekolah atau institusi pendidikan lainnya terdapat jaringan komputer.
Mulai dari jaringan komputer yang paling sedikit sampai dengan jaringan antar komputer di seluruh dunia atau disebut juga internet,digunakan untuk memperlancar arus informasi.Dengan media internet,kita dapat mengakses berita-berita melalui Koran-koran elektronik,mencari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru,atau berkenalan dan berinteraksi dengan teman-teman di seluruh dunia.

INTRANET

Intranet adalah jaringan komputer yang hanya diperntuhkan dalam linkungan perusahaan dan institusi . intanet memungkinkan karyawan perusahaan atau institusi mengakses data atau sumber daya dari perusahaan atau institusi lain. Media penghubung intranet ada yang menggunakan kabel saja dan ada yang menggunakan kabel dan komputer server . komputer server berfungsi melayani komputer yang terdapat dalam jaringan tersebut. Jaringan komputer yang termasuk dalam intranet adalah LAN(local area network) dan MAN(metropolitan area network).
Keuntungan yang dapat kita peroleh dari intranet adalah:
1.kemampuan resourses sharing
2.kemampuan berbagai pakai data
3.meninkatkan factor keamanan data

INTERNET
Internet dikembangkan pada tahun 1969 dengan nama ARP(advanted research projects agency network). Saat itu, empat institusi dihubungkan dalam satu jaringan yang dinamakan ARPANET . keempat institusi tesebut,adalah universitas california los angeles, universitas santa Barbara, universitas utah, dan Stanford research institute. Pada tahun 1975, pengurusan internet dipindah kapada us defense communication agency. Tujuan awal dibentuknya internet adalah untuk membentuk suatu jaringan komputer yang tersebar sehingga apabila terjadi peperangan, informasi tidak akan hilang karena infomasi tersebut di simpan secara tersebar tidak hanya satu titik.
Internet merupakan kependekan dari inter-network. Internet adalah suatu jaringan komputer yang sangat luas. Jaringan ini menghubungakan jutaan komputer yang tersebar di seluruh dunia, baik itu LAN(local area network),MAN(metropolitan area network),atau WAN(wide area network) yang terhubung dengan TCP/IP (transmition control protocol/internet protocol).

Keuntungan yang dapat kamu peroleh melalui internet:
1. kemudahan dalam memperoleh informasi
2. mendukung transaksi dan operasi bisnis
3. Belajar secara online
4 .mencari beasiswa untuk sekolag di dalam atau luar negeri.

0 komentar: